Ruang Belajar merupakan kegiatan untuk
merangsang dan mengembangkan ide, cara, proses serta hasil belajar kolektif
guna meningkatkan harkat dan derajat masyarakat.
Pengembangan diri masyarakat terjadi melalui relasi serta
interaksi yang intens diantara manusia dan manusia dengan lingkungannya.
Masyarakat senantiasa dinamis, berubah serta memiliki pengalaman unik pada
setiap tempat baik secara sosial, budaya maupun ekonomi. Diharapkan dalam
inplementasinya kegiatan RBM ini dapat terukur dengan terjadinya perubahan
perilaku, pengetahuan, sikap dan
kebiasaan baru. Perubahan baru bisa terjadi karena adanya pengalaman-pengalaman
baik dari diri sendiri maupun orang lain atau kelompok lain yang bisa menjadi
pengetahuan yang bisa bermanfaat bagi kehidupan sosial, budaya dan ekonomi.
Diharapkan nantinya RBM ini bisa dikembangkan sehingga
menjadi wadah bagi masyarakat untuk saling memberi pembelajaran satu sama lain.
Ruang Belajar Masyarakat inipun nantinya bisa dikembangkan dengan:
- Kondisonalisasi; artinya memberikan rangsangan
melalui kegiatan pendukung (treatmen program)
- Kontekstualisasi; artinya pengembangan belajar
berdasarkan masalah yang ada di lingkungan masyarakat sendiri
- Replikasi; artinya pengalaman-pengalaman yang
didapat dari berbagai sumber dapat dikembangkan di tempat lain
- Modeling; mengembangkan pembelajaran dengan
mengambil contoh-contoh kegiatan yang pernah ada.
Sayarat pokok pengembangan RBM
- Adanya basis komunitas/kelompok fokus belajar,
- Bermula dari pengalaman partisipasi
- Berproses melalui pendekatan terhadap masalah
dan potensi lokal
- Didukung oleh para kader yang handal
Esensi Dasar RBM
1.
Mengkontruksi
- Membangun keterkaitan antar unsur
- Pemahaman berasal dari pengalaman
2. Inquiry
Tidak sekedar mengamati, tetapi menjalani,
berpikir secara kritis atas kenyataan.
Memecahkan masalah yang dihadapi
3.
Drive
Kelompok inti RBM mendorong, membimbing dan
mengembangkan model.
4. Masayarakat Belajar
- Sekelompok orang yang tertarik dalam kegiatan
belajar,
- Belajar bersama akan lebih baik daripada belajar
sendiri,
- Saling berbagi pengalaman (hasil melakukan)
bukan pengamatan,
- Saling berbagi
5. Modeling
Proses menampilkan contoh agar orang lain
berpikir, bekerja dan belajar
6. Refleksi
Cara berpikir tentang apa yang telah
dipelajari (ide, pengalaman baru, pemahaman baru), merekam apa yang telah
dipelajari (ide, pengalaman baru,
pemahaman baru), memformulasi (membuat buletin, karya seni, diskusi kelompok,
dll)
7. Authentic assesment (penilaian yang sebenarnya)
- Evaluasi pengalaman dan pemahaman,
- Penilaian capacity,
- Trust building,
- Sinergy.
8. Capaian Perubahan Prilaku Partisipan Setelah Bergabung
dengan RBM
- Sadar dan sengaja
- Kontinuitas
- Fungsional
- Positif
- Pro aktif
- Bertujuan dan terarah
- Holistik/menyeluruh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar