Kamis, 22 Agustus 2013

Perspektif Dasar Tentang Ruang Belajar



Ruang Belajar merupakan kegiatan untuk merangsang dan mengembangkan ide, cara, proses serta hasil belajar kolektif guna meningkatkan harkat dan derajat masyarakat.

Pengembangan diri masyarakat terjadi melalui relasi serta interaksi yang intens diantara manusia dan manusia dengan lingkungannya. Masyarakat senantiasa dinamis, berubah serta memiliki pengalaman unik pada setiap tempat baik secara sosial, budaya maupun ekonomi. Diharapkan dalam inplementasinya kegiatan RBM ini dapat terukur dengan terjadinya perubahan perilaku, pengetahuan,  sikap dan kebiasaan baru. Perubahan baru bisa terjadi karena adanya pengalaman-pengalaman baik dari diri sendiri maupun orang lain atau kelompok lain yang bisa menjadi pengetahuan yang bisa bermanfaat bagi kehidupan sosial, budaya dan ekonomi.

Diharapkan nantinya RBM ini bisa dikembangkan sehingga menjadi wadah bagi masyarakat untuk saling memberi pembelajaran satu sama lain. Ruang Belajar Masyarakat inipun nantinya bisa dikembangkan dengan:
  • Kondisonalisasi; artinya memberikan rangsangan melalui kegiatan pendukung (treatmen program)
  • Kontekstualisasi; artinya pengembangan belajar berdasarkan masalah yang ada di lingkungan masyarakat sendiri
  • Replikasi; artinya pengalaman-pengalaman yang didapat dari berbagai sumber dapat dikembangkan di tempat lain
  • Modeling; mengembangkan pembelajaran dengan mengambil contoh-contoh kegiatan yang pernah ada.


Sayarat pokok pengembangan RBM
  • Adanya basis komunitas/kelompok fokus belajar,
  • Bermula dari pengalaman partisipasi
  • Berproses melalui pendekatan terhadap masalah dan potensi lokal
  • Didukung oleh para kader yang handal
Esensi Dasar RBM 
1.   Mengkontruksi
  • Membangun keterkaitan antar unsur
  •  Pemahaman berasal dari pengalaman 
2.  Inquiry 
     Tidak sekedar mengamati, tetapi menjalani, berpikir secara kritis atas kenyataan. 
     Memecahkan masalah yang dihadapi
3.  Drive 
     Kelompok inti RBM mendorong, membimbing dan mengembangkan model. 
4.  Masayarakat Belajar
  • Sekelompok orang yang tertarik dalam kegiatan belajar, 
  • Belajar bersama akan lebih baik daripada belajar sendiri, 
  • Saling berbagi pengalaman (hasil melakukan) bukan pengamatan, 
  • Saling berbagi 
5. Modeling 
    Proses menampilkan contoh agar orang lain berpikir, bekerja dan belajar
6. Refleksi 
   Cara berpikir tentang apa yang telah dipelajari (ide, pengalaman baru,  pemahaman baru),  merekam apa yang telah dipelajari  (ide, pengalaman baru, pemahaman baru), memformulasi (membuat buletin, karya seni, diskusi kelompok, dll) 
7. Authentic assesment (penilaian yang sebenarnya)
  •  Evaluasi pengalaman dan pemahaman, 
  • Penilaian capacity, 
  • Trust building, 
  • Sinergy. 
8. Capaian Perubahan Prilaku Partisipan Setelah Bergabung dengan RBM
  • Sadar dan sengaja
  • Kontinuitas
  • Fungsional
  • Positif
  • Pro aktif
  • Bertujuan dan terarah
  • Holistik/menyeluruh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar